Home

Kamis, 04 November 2010

10 Cara Berkomunikasi Lebih Baik


Saat ini, di seruluh dunia, orang-orang menjalankan aktifitasnya. Orang-orang pasti memperlukan komunikasi dalam menjalankan segala aktifitasnya baik itu dalam bisnis maupun dalam relasi dengan sesama. Tak dapat disangkal bahwa manusia itu adalah mahluk sosial yang pasti membutuhkan bantuan dengan orang lain, dan itu dilakukan dengan cara berkomunikasi. Pentingnya komunikasi yang efektif dapat membawa kesuksesan bagi anda. Berikut ini adalah 10 tips agar anda semakin mahir berkomunikasi.
1.      Menghemat sumber daya
Anda dapat memfokuskan diri pada apa yang telah Anda rencanakan untuk dikerjakan. Berkomunikasi dengan lebih hati-hati berarti menggunkan berbagai sumber daya yang Anda miliki dengan lebih efektif.
2.      Jelas
Kejelasan memungkinkan anda melakukan pekerjaan Anda tanpa pertanyaan-pertanyaan yang berlebihan, kegelisahan, atau praduga. Komunikasi yang lebih baik memungkinkan Anda mengutarakan gagasan Anda dengan jelas sekali.
3.      Dipercaya dan Profesional
Anda dapat dihargai orang karena Anda punya dedikasi yang tinggi terhadap hal yang anda kerjakan. Maka nilai dari sebuah kepercayaan dan profesinalitas sangatlah penting.
4.      Menggunakan saluran Komunikasi dengan Baik
Anfda dapat berkomunikasi dengan berbagai cara. Namun dalam situasi tertentu gunakanlah cara berkomunikasi yang lebih baik daripada yang lain. Kadang kala lebih baik berbicara daripada menulis.
5.      Menghargai Hubungan
Anda menjalin hubungan untuk jangka pendek untuk jangka panjang. Harahgailah relasi diantara sesame, jangan kecewakan orang-orang disekitar anda.
6.      Membuat keputusan
Sebelum anda berkomunikasi, ambillah waktu untuk membuat keputusan-keputusan yang diinformasikan. Biasakanlah Anda berpikir dahulu sebelum meakuka tindakan.
7.      Melatih Kemampuan Anda
Kenali diri Anda terlebih dahulu, setelah itukenali kelebihan dan kekurangan anda. Dan berlatihlah agar dapat meningkatkan kemampuan Anda.
8.      Menjaga kerahasiaan
Apabila Anda melanggar kerahasiaan, Anda akan kehilangan kepercayaan dan penghargaan dari orang lain.
9.      Bersikap sopan
Hal kecil yang Anda lakukan dapat berarti besar bagi orang lain. Anda menghargai martabat orang lain ketika anda berlaku sopan.
10.  Mengendalikan rasa gugup
Permasalahan terbesar orang yang akan berkomunikasi adalah rasa gugup. Kenali jenis kegugupan Anda sendiri.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar